Tire Pressure Monitor System (TPMS)

Roda atau ban merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan. Secanggih mesin yang kita beli tanpa dukungan ban yang mumpuni, maka perjalanan berkendara juga tidak optimal. Semulus body dan semengkilat cat mobil seseorang tanpa diidukung roda yang bagus maka rasanya akan timpang.

Maka, posisi ban kendaraan itu sangat penting dan tidak berlebihan jika kita tambah perhatian terhadap kesehatan ban kendaraan kita dengan memasang sistem monitor tekanan ban / tire pressure monitor system (TPMS)

Ada banyak pilihan dalam TPMS ini, berikut saya rangkum dari beberapa produk yang ada di dalam pasaran :

1. TPMS built in small monitor


Sistem monitor terdiri dari sensor yang dipasang di ban dan led monitor kecil bertenaga sel surya yang bisa diletakkan di dasbor. Meskipun led monitor ini bersumber dari tenaga surya, tetapi tetap perlu dicharge setiap lima belas hari sekali.


2. TPMS USB-Android

Sistem monitor tekanan ban untuk model ini terdiri dari sensor yang dipasang di ban, dan sebuah receiver berupa USB yang harus ditancepkan ke sistem audio mobil sistem operasi android. Pastikan mobil kita telah terpasang android untuk music player nya ya... jangan keburu beli ini ternyata audio mobilnya masih mp3 player.

3. TPMS built in large monitor 


untuk jenis ketiga ini terdiri dari sensor yang dipasang di roda/ ban kemudian sistem monitornya lebih lebar sehingga mudah melihat saat dipasang di dalam mobil.

Tulisan berikut ini akan mengulas jenis ketiga ini, harganya hampir dua kali lipat tetapi memiliki keunggulan yang worth it lah...
Beberapa keunggulan adalah pertama layarnya cukup lega tidak minimalis seperti produk lainnya. Faktor lebar layar monitor yang menjadi kelebihan utamanya.

Keunggulan kedua adalah kecerahan layar monitor, dengan backlight berwarna oranye membuat monitor ini tetap jelas di bawah sinar matahari, apalagi dengan penempatan mouting di atas membuatnya semakin mudah dilihat dan tetap jelas tidak terlalu kecil.

Material monitor berbahan doff, awet dan anti gores, konversi energi surya hingga 20 persen sehingga lebih efisien berkat bahan solar panel monochrome crystalline, selain itu interface charger berupa magnetik charging sehingga lebih mudah dan lebih aman.
Secara umum sensor TPMF didesain untuk pemasangan luar sebagai tutup pentil dan pemasangan dalam sebagai pengganti pentil secara keseluruhan. Masing masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Misalnya sensor desain luar/ tutup pentil (sensor eksternal) memiliki kemudahan dalam pemasangan tetapi rawan pencurian dan lepas, tetapi baterai sensor luar bisa direplace setiap dua tahun. Sensor desain dalam/ internal sensor memiliki kapasitas baterai yang bisa bertahan 4 - 5 tahun lebih aman dari pencurian dan lepas, tetapi pemasangan perlu ke bengkel.

Setiap sensor baik eksternal maupun internal sensor memiliki fitur yang berbeda pula. Pertama dilengkapi fitur deteksi gerak/ motion detection dan kedua tidak dilengkapi fitur deteksi gerak, selisih hampir seratur ribu, piliha mana?
Kembali lagi pada kelebihan monitor yang berwarna oranye, selain lega dan berbahan durable, dia dilengkapi dengan sensor getaran mobil yang akan on ketika mobil dibuka dan turn off ketika pintu mobil ditutup.
Saat mengendara malam atau di dalam parkiran, layar monitor bisa tampil lebih redup sehingga lebih hemat baterai dan yang terpenting bisa membuat mata sopir juga lebih nyaman, ya mirip-mirip night mode/ dark mode di smartphone.

Berikut beberapa gambar spesifikasi dan cara pemasangan sensor internal :
waterproof sensor

penempatan sensor dengan kode FL (Front Left) FR (Front Right) RL (Rear Left) dan RR (Rear Right) jangan sampai terbalik ya...


Jika ada suatu kejadian dan harus mengganti sensor (misalnya sensor rusak) semoga saja tidak ya kawan. Maka tak perlu mencopot dari rodanya cukup melalui mekanisme yang ada di monitor, jadi tetap bisa tanpa harus mencopot sensor.


 
beberapa fitur yang ada di monitor


dimensi monitor, tombol dan pad bawah anti selip

perbedaan lebih rinci tipe J dan F, berbeda pada sensor deteksi geraknya

gambar cara pemasangan dengan benar sensor internal ban

pemasangan eksternal sensor dan baut anti maling

gambar pemasangan hang mounting

tips penggantian baterai di sensor tipe eksternal (caps sensor)

opsi pilihan produk ada empat varian

Berikut spesifikasi produk TPMS dari Deelife :

Product & Accessories

For External Sensor Model (Optional)
 
• 1 x TPMS Solar Monitor
• 4 x External Sensor (MY5J or MY5F)
• 4 x Anti-theft Nut
• 1 x Hex Wrench
• 1 x English User Manual
• 1 x Magnetic Charging Cable
• 1 x Electrostatic Protect Film
• 2 x Fixed Bracket
• 1 x Anti-slip Pad
 
For Internal Sensor Model (Optional)
 
• 1 x TPMS Solar Monitor
• 4 x Internal Sensor  (MY5J or MY5F)
• 1 x English User Manual
• 1 x Magnetic Charging Cable
• 1 x Electrostatic Protect Film
• 2 x Fixed Bracket
• 1 x Anti-slip Pad
 
Tips: All the sensor with battery inside.

Attention

- Each set of MY5F/MY5J products only has 4 sensors.
 
- For the anti-theft nuts, please pay attention for the 2 steps,
1. Tighten the Sensor first on the valve, if not Tighten, the anti-theft nuts can not protect your sensors.
2. Tighten the nuts by the wrench, then check it by your hands for the lock performance.





Di akhir tulisan ini ada beberapa gambar kiriman dari para pembeli :








Bagaimana? mantab bukan? Anda minat membelinya?

Jika berminat, cek dulu lihat-lihat dulu berikut link store/ toko-nya

















Tomi Muwuh

No comments:

Post a Comment