Dominasi Mobile Computing

Mobile editing menggeser legacy PC computing editing. Artinya perkembangan software untuk mobile saat ini sangat pesat, apalagi mobile editing akhir-akhir didukung perangkat keras yang sangat mutakhir, sebut saja prosesor atau chipset naga besutan Qualcomm di awal 2020 berhasil memproduksi versi Snapdragon 865 yang telah support connectivity 5G dan dipercaya lebih baik performanya dibanding pendahulunya si Snapdragon 855 dan 855plus.
Di sisi PC computing sebenarnya ada hal yang tidak bisa digantikan kekokohan PC computing oleh mobile computing/ editing yaitu detail. Oke jika mobile computing bisa melakukan apa yang bisa dilakukan PC computing, tetapi untuk sisi detail, PC computing juara.
Permasalahannya ada di sini. Justru dewasa ini socisl media dikuasai medium end user yang tak perlu detail karena mereka user mobile. Semua memiliki smartphone tak tentu bisa mengoperasikan PC, tetapi pengguna PC dapat dipastikan user smartphone.
Betapa banyak tutorial image colour grade, image wditing, image manipulating saat ini rupa-rupanya menggunakan smartphone dan software gratis Snapseed ataupun berbayar Lightroom Mobile. Nah, si perusahaan adobe ternyata pintar menangkap tren, mereka cepat cepat membuat versi mobile untuk adobe Lightroom.


Tomi Muwuh

No comments:

Post a Comment