Anna May Wong Aktris China-Amerika melawan Rasisme di Panggung dan Nyata


sumber : history.howstuffworks.com
penulis : MICHELLE KONSTANTINOVSKY

Sambungan :

Wong meninggalkan Hollywood ke Eropa pada 1928. Di sana ia sukses besar dan membintangi beberapa produksi panggung dan film terkenal, termasuk "Piccadilly" pada 1929. Dia menggunakan ketenarannya yang ia dapatkan untuk kampanye politik kasus-kasus Cina-Amerika, dan untuk dunia perfilman yang lebih baik.

Kemudian pada 1930-an, Paramount Studios datang memanggil dan menjanjikan peran utama Wong jika dia kembali ke AS. Kesepakatan itu terdengar manis, tetapi Wong hampir saja menolak untuk memainkan peran stereotip Asia. Dia menerima pekerjaan itu semata-mata berdasarkan kesepakatan bahwa dia akan dapat mengambil peran utama di masa depan.

Pada 1932, ia muncul di "Shanghai Express" bersama temannya, Marlene Dietrich, dan beberapa dekade kemudian, ia menjadi orang Asia-Amerika pertama yang memimpin acara televisi A.S. di acara 1951, "The Gallery of Madame Liu-Tsong."

Tapi kemudian Wong kalah dari aktris Jerman Luise Rainer sebagai pemeran utama  O-Lan dalam film adaptasi "The Good Earth" karya Pearl S. Buck yang ini merupakan kekecewaan terbesar Wong. Dia berencana melakukan perjalanan ke Cina tetapi menunda perjalanannya karena awalnya bisa bermain O-Lan.

Studio, bagaimanapun, mendorong Wong untuk memainkan bagian klise dari Lotus, selir yang jahat sebagai gantinya. Wong menolak. Dia mengatakan kepada Doris Mackie dalam sebuah wawancara tahun 1933 untuk Film Weekly "Saya sangat lelah dengan bagian-bagian yang harus saya mainkan. Tampaknya tidak banyak bagi saya di Hollywood, karena, daripada orang China asli, para produser lebih memilih orang Hongaria, Meksiko, India Amerika untuk peran China . "

Wong akhirnya melakukan perjalanan ke China, dia dikritik oleh orang-orang China yang mengatakan film-filmnya menurunkan derajat wanita China. Meskipun telah belajar bahasa Mandarin, Wong merasa dia terlalu Amerika untuk tampil di teater tradisional Tiongkok. Ironis memang, mengingat di Hollywood, ia dianggap tidak cukup Amerika untuk sebagian besar peran di sana.

Pada tahun 1960, ia menerima bintang di Hollywood Walk of Fame. Tetapi pada tahun 1961, drama menyedihkan menimpa ketika aktris dan pelopor itu meninggal karena serangan jantung pada usia 56 tahun. Dia secara anumerta diakui oleh Asian-American Arts Awards dan kelompok Perancang Mode Asia, yang keduanya telah memberikan penghargaan tahunan untuk menghormatinya. .

Saat ini, Wong masih diingat sebagai salah satu tokoh aktris Asia-Amerika yang paling penting dalam industri hiburan dan masa depan.

Tomi Muwuh

1 comment: